Headlines News :
Home » » Jaringan Komputer

Jaringan Komputer


SISTEM JARINGAN INTERNET
Mapel               : TIK
Kelas/Semester : IX/Gasal

Standar Kompetensi :
1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar :
1.2. Mendiskrisikan dasar-dasar jaringandi  internet/intranet

Pengertian Jaringan Komputer

build animated gif
Jaringan komputer adalah kumpulan dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung dan bisa saling berinteraksi.
Tujuan dari adanya jaringan komputer adalah : 
  1. Membagi sumber daya : contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori dan harddisk.
  2. Komunikasi : contohnya email, instant messaging, chatting maupun VOIP.
  3. Akses informasi : contohnya web browsing.
Jaringan komputer pada umumnya terdiri dari dua jenis komputer yaitu komputer server dan komputer klien/client. Komputer sever adalah komputer yang berfungsi melayani semua kebutuhan dari komputer klien/client baik pengiriman data maupun penerimaan data. Sedangkan komputer klien adalah komputer yang menerima semua layanan dari komputer server.
Bila jaringan komputer terhubung dengan internet maka komputer server juga berfungsi sebagai gateway, karena komputer server merupakan gerbang atau jalur untuk komputer klien mengakses internet. 
Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut penyedia (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Beberapa manfaat adanya jaringan komputer, antara lain :
  1. Membagi sumber daya : sumber daya dapat berupa perangkat komputer, seperti printer, data, file, dan program-program. Dengan jaringan komputer sumber daya tersebut dapat  dibagi dengan komputer klien sehingga sumber daya yang harus disediakan dapat dikurangi.
  2. Reliabilitas tinggi : kehadalan fungsi-fungsi dari jaringan komputer tinggi. Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengopikan data-data ke dua atau tiga komputer bahkan bisa lebih. Jadi jika salah satu komputer rusak dan data yang tersimpan hilang, kita masih dapat menggunakan data yang tersimpan di komputer lain.
  3. Menghemat uang : adanya jaringan komputer jelas akan menghemat uang karena satu perangkat bisa dipakai untuk banyak komputer, contohnya pemakaian printer.
  4. Sarana komunikasi : perusahaan/instansi dapat memanfaatkan jaringan komputer ini untuk berkomunikasi, misalnya ketika memberikan pengumuman rapat, tidak perlu menyebar undangan satu persatu, cukup mengirimkan undangan melalui jaringan komputer. Penyerahan laporan dari satu devisi ke devisi lain, atau guru di laboratorium komputer bisa memberikan tugas kepada siswa secara serempak langsung melalui jaringan komputer.

Penulis : Risqk
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Fanpage

 
Support : Creating Website | Risqk Template | Risqk Template
Copyright © 2011. TIK SMPN 2 Jumantono - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Risqk Template
Proudly powered by Blogger