Headlines News :
Home » » K-13 Pada Mapel IPS Terkait Dengan TIK

K-13 Pada Mapel IPS Terkait Dengan TIK

Beberapa hari yang lalu saya mengawasi UAS di ruang 2 bersama Pak Suprihatono, S.Pd.
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya setelah berbincang dengan kawan seprofesi di instansi lebih tepatnya senior saya. Pada kesempatan kali ini saya sangat beruntung bisa berbincang atau ngobrol dengan seorang guru senior di sekolah kami SMPN 2 Jumantono, beliau adalah Bapak Suprihartono, S. Pd. yang mengajar mapel geografi sejak  tahun 1994 di sekolah kami. Kali ini ada yang berbeda dalam obrolan kami, perihal k-13. Meski cuma sebentar dan tidak banyak yang kami bicarakan. Karena beliau mrngajar geografi maka saya menanyakan pembelajaran menggunakan k-13 ini dalam pembelajaran geografi tentunya. Beliau termasul guru yang sudah mengikuti pelatihan k-13 yang berlokasi di Semarang. Waktu di Semarang dikatakan belum ada silabus mapel geografi atau yang diganti dengan IPS Terpadu. Apalagi buku pegangan yang akan dipakai di k-13 nantinya, juga belum ada. Ketika saya menanyakan nantinya penerapan atau aplikasi k-13 dalam pembelajaran geografi, beliau menceritakan dengan urut atau runtut. Beliau mengatakan kalau pembelajaran berorientasi pada siswa yaitu siswa berkelompok. Kemudian saya pun bertanya tentang mapel TIK yang diintegrasikan ke semua mapel, kalau kali ini tentunya TIK diintegrasikan pada geografi atau IPS. Menurut cerita beliau ternyata yang dipahami yang namanya mapel TIK integrasi ke semua mapel ini hanya sebatas menggunakan alat dan sebagai media penyampain matari mapel yang bersangkutan.
Metode dalam pembelajaran yang diterapkan adalah berkelompok yang mana setiap kelompok diberi satu topik atau materi untuk semua kelompok. Akan tetapi masing-masing kelompok mendiskusikan materi tersebut dari aspek yang berbeda. Masing-masing kelompok mendiskusikan materinya dan nantinya akan menghasilkan seorang ahli dalam materi tersebut. Kemudian sang ahli tersebut diutus ke setiap kelompok yang berbeda untuk mendiskusikannya bersama kelompok yang lain tadi. Sampai masing-masing ahli dari setiap kelompok telah berdiskusi bersama semua kelompok. Sehingga nantinya masing-masing kelompok akan memperoleh satu materi dari semua aspek. Contohnya aspek sejarahnya, letak geografisnya, taraf ekonominya, tingkat sosial penduduknya dan lain-lain.
Kemudian yang menjadi pertanyaan saya selanjutnya adalah, bagaimana TIK diintegrasikan ke dalam pembelajaran mapel geografi atau IPS ini. Beliaupun menjelaskan kalau nantinya benar-benar sudah menerapkan k-13 ini dalam pembelajaran geografi atau IPS maka hanya sekedar penggunaan alat TIK yaitu komputer atau laptop, lcd proyektor, penggunaan power point maupun memutarkan vidio sebuah kejadian atau sebuah materi dalam bentuk vidio.
Cerita di atas sudah cukup jelas bagi kita kalau k-13 ini masih jauh dari harapan, terlebih lagi kaitannya dengan penghapusan mapel TIK yang katanya diintegrasikan ke semua mapel ini tidak merugikan siapapun. Jelas dari cerita di atas hanya bapak ibu guru yang memanfaatkan "alat" TIK. Sementara siswa hanya sebagai penonton yang tidak mungkin dapat apa-apa dari sekolah tentang TIK ini. Padahal justru anak-anak yang semestinya lebih berhak mendapatkan pengajaran TIK ini dibandingkan bapak ibu guru yang memang sudah semestinya juga bisa menggunakan TIK ini dalam pembelajaran dan tidak mengesampingkan kebutuhan anak-anak.
Anak-anaklah sebenarnya yang sangat berhak mendapatkan pengajaran dan bimbingan dalam mempelajari disiplin ilmu TIK ini. 
Demikian obrolan singkat saya dengan guru Geografi senior di instansi kami. Kesimpulannya, pembelajaran dengan kurikulum 2013 pada mapel Geografi atau IPS tidak menunjukkan kalau pengintegrasian TIK ini berdampak langsung pada siswa. Siswa hanya bisa lihat penggunaan alat TIK tanpa bisa mendapatkan pengajaran oleh guru yang berkompeten di bidangnya.
Share this article :

1 komentar:

Silahkan isi komentar yang santun dan tidak SARA. Pilih Name/URL, bagi yang tidak punya blog, URL silahkan dikosongi. Terimakasih.

Translate

Fanpage

 
Support : Creating Website | Risqk Template | Risqk Template
Copyright © 2011. TIK SMPN 2 Jumantono - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Risqk Template
Proudly powered by Blogger