Headlines News :
Home » » Pasar Sapi Bekonang Yang Terbesar

Pasar Sapi Bekonang Yang Terbesar

          Hari ahad ini tadi bertepatan dengan hari pasaran di daerah kami, yaitu "Kliwonan". Pasar Bekonang yang sekarang sudah jauh lebih bersih dan bagus jika dibandingkan dengan kondisi sebelum pasar direhab. Bangunan pasar Bekonang ini selesei direhab kira-kira bulan Pebruari 2013 dan kira-kira baru mulai dipakai pertengahan tahun 2013. 
Pasar Bekonang saat baru selesei direhab
             Lokasi Pasar Bekonang ini di Desa Bekonang, kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah tidak jauh dari kota Solo kurang lebih berjarak 7 km. Pasar Bekonang ini termasuk kategori pasar tradisional. Segala macam barang baru maupun bekas ada di sini.  Lokasi Pasar Bekonang ini juga kebetulan dekat dengan rumah kami kira-kira hanya berjarak kurang dari 1 km.
           Namun yang paling terkenal di sini adalah Pasar Sapi, yang mana pasar sapi ini terjadi setiap 5 hari sekali. Jadi setiap 5 hari sekali maka Pasar Bekonang ini akan dibanjiri sapi-sapi dari berbagai daerah yang akan dijual kepada para konsumen baik mau dipelihara maupun disembelih untuk dijual dalam bentuk daging sapi. Perlu diketahui kalau Pasar Sapi Bekonang ini merupakan pasar sapi terbesar di Solo dan sekitarnya. Para pedagang sapi maupun peternak dari berbagai daerah sekitar berkumpul di sini, ada yang dari Wonogiri, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Klaten, Sukoharjo maupun dari daerah lainnya. Dimana semua daerah tadi merupakan daerah yang berada di sekeliling kota Solo. Lokasi pasar sapinya sendiri berada di sebelah timur laut, kira-kira berjarak 150 meter dari Pasar Bekonang itu sendiri. Dulu sebelum Pasar Bekonang ini direhab atau direnovasi, pasar sapi berada di belakang pasar.   

Gapura Pasar Hewan/Sapi Bekonang
Sapi-sapi yang masih menunggu majikan baru
Sapi-sapi siap dibawa pemilik baru
             Pasar Sapi Bekonang ini sudah berusia lebih dari setengah abad dan merupakan aset perdagangan di Kabupaten Sukoharjo yang merupakan pasar terbesar di Solo. Setiap 5 hari saja, sirkulasi sapi di pasar ini mencapai 1.200 hingga 1.500 ekor. Dokumen yang ada di sini diambil ketika sudah siang kurang lebih jam 11.30 an, sehingga kondisi pasar sapi sudah berkurang keramaiannya. Hal ini terpaksa dilakukan karena kalau dilakukan sebelum jam 11.00 wib. siang, sangat sulit dilakukan karena kondisi penuh sesak disetiap jengkal jalan, sangat ramai dengan lalu-lalang pengendara maupun pejalan kaki. Hal ini terjadi karena hari ini tadi kliwon dan hari libur, yaitu hari ahad/minggu.

Siklus pasaran di Pasar Bekonang ini berdasarkan kaleder Jawa yang mana dalam sepekan ada 5 hari, yaitu : Legi, Pahing, Pon, Wage dan Kliwon. 

         Lokasi baru pasar sapi ini terlihat lebih luas dan lebih memadai, menghilangkan kesan kalau Pasar Bekonang itu kumuh dan kotor. Dengan kondisi tempat yang jauh lebih baik dari lokasi sebelumnya maka para penjual dan pembeli maupun blantik sapi bisa lebih leluasa dan lebih nyaman dalam melakukan transaksi. Masyarakat sekitar lebih familier kalau mau ke Pasar Bekonang tiap 5 hari sekali ini dengan sebutan "Kliwonan". Bila kliwon ini bertepatan dengan hari libur atau ahad/minggu, maka bisa dipastikan kondisi pasar penuh sesak dengan pengunjung maupun pedagang yang memenuhi jalan-jalan sekitar pasar, sampai-sampai mau jalan saja harus rela antri berlama-lama untuk bisa masuk maupun keluar dari pasar. Hal ini akan bertambah ramai lagi mana kala mendekati idul kurban, karena bisa dipastikan permintaan sapi akan meningkat. Semoga dengan keberadaan Pasar Sapi Bekonang ini bisa memberikan andil yang cukup besar dalam peningkatan taraf hidup masyarakat sekitar dan membawa berkah kepada semuanya.
          Demikian sedikit informasi yang bisa saya bagi kepada sahabat semua. Semoga bisa sedikit menambah wawasan kita, aamiin.
Share this article :

6 komentar:

  1. bisa buat rujukan besok idul qurban nih...

    BalasHapus
  2. wah ini pasarnya segede apa ya???

    BalasHapus
  3. luar biasa sekali, jadi tambah informasi stelah baca artikel ini

    BalasHapus
  4. infonya sangat bermanfaat, saya sendiri juga baru tahu jika pasar sapi bekonang yang terbesar

    BalasHapus

Silahkan isi komentar yang santun dan tidak SARA. Pilih Name/URL, bagi yang tidak punya blog, URL silahkan dikosongi. Terimakasih.

Translate

Fanpage

 
Support : Creating Website | Risqk Template | Risqk Template
Copyright © 2011. TIK SMPN 2 Jumantono - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Risqk Template
Proudly powered by Blogger