Beda Mesin Mio Lama Vs Mio J (Injeksi)
Yamaha
Mio J sudah bisa dilihat di beberapa dealer. Launching resminya Sabtu
besok (11/2) di daerah Senayan. Bahkan MOTOR Plus edisi sekarang (676)
sudah bedah abis mesinnya. Hehehe ini yang bikin bingung awak redaksi
M+. Jeroan Mio J sudah ditelanjangi abis di edisi sekarang. Edisi besok
apa ya yang bikin heboh lagi?
Secara garis besar ada beberapa perubahan pada Mio J dibanding mesin
Mio lama. Kalau sistem bahan bakar sudah banyak yang tahu mengaplikasi
sistem injeksi. Yang bikin penasaran ketika petinggi Yamaha bilang kalau
Mio J partnya bisa dipakai di Mio lama.
Mari analisa dari konfigurasi bore x stroke yang merupakan parameter penghasil volume silinder. Dipastikan sama
dengan Mio lama. Apalagi stroke atau langkah seher yang 57,9 mm. Stroke
ukuran ini dianggap sebagai angka keramat bagi Yamaha. Beberapa varian
Yamaha menggunakannya. Yamaha Mio lama, Nouvo, Vega ZR dan New
Jupiter-Z.
Padahal kalau kita telaah, ada pabrikan lain yang menggunakan stroke
sebesar ini. Setelah Yamaha Nouvo, nongol Honda Karisma (sekarang Supra
X125) , bebek 125 Honda itu strokenya 57,9 mm juga.
Kembali kepada Mio J, diameter x stroke sama dengan Mio lama yaitu
50 x 57,9 mm. Tapi, pihak Yamaha sempurnakan, yaitu aplikasi seher
forged dan blok DiAsil. Tiada lain teknologi yang identik dengan
Yamaha. Dengan paduan blok dan seher jenis ini membuat Yamaha bisa
menggaransi produk mereka sampai 5 tahun. Karena minim gesekkan sehingga
tidak cepat longgar.
Seher forged secara desain bisa dibuat serba tipis dan ringan karena
dianggap kuat. Membuat kerja mesin jadi ringan lantaran gesekkan minim.
Pastinya lagi, kitiran mesin juga enteng karena beban piston yang bisa
direduksi.
Perubahan di kepala silinder bukan saja sudah menggunakan rocker arm
model roller agar gesekkan mekanisme klep berkurang. Tapi, head sudah
seperti motor-motor sekarang. Dilengkapi dengan tutup yang lebar.
Memudahklan dalam setel klep dan bongkar-pasang kem.
Lainnya
di CVT yang dipalikasi. Untuk mengejar enteng dan medah berakselerasi,
jarak antara puli depan dan belakang dibuat dekat. Di Mio lama 365 mm
sedangkan di Mio J 350 mm. Berkurang 15 mm atau 1,5 cm.Ini intisari tulis reporter Eka di MOTOR Plus terbaru edisi 676. Lebih jelas bisa buka langsung tabloidnya ya.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !